Apa itu Compress Video dan Handbrake?

Compress video merupakan salah satu teknik untuk memperkecil file video dengan menggunakan compressor, salah satu software compressor video adalah HandBrake. HandBrake merupakan transcoder gratis dan opensource untuk file video yang dikembangkan pada tahun 2003. Cara menggunakan HandBrake tidaklah sulit, untuk lebih jelasnya berikut tutorial cara mengecilkan (compressing) ukuran file video menggunakan HandBrake.

Tutorial compress video menggunakan HandBrake

  1. Langkah pertama yaitu membuka aplikasi handbrake terlebih dahulu. jika belum memilliki aplikasi HandBrake, bisa anda dapatkan di situs resmi HandBrake atau klik link berikut https://handbrake.fr/downloads.php.

Pada tutorial ini, saya menggunakan file video berukuran 1GB (Giga Byte)

  1. Selanjutnya, import file video ke aplikasi HandBrake dengan cara klik tombol File pada sisi kiri window aplikasi atau dengan cara Drag file video langsung ke HandBrake dan tunggu proses import file selesai
  1. Setelah file video masuk ke aplikasi HandBrake, langsung saja atur preset video yang akan digunakan. Klik select box Presets lalu pilih presets yang diinginkan, disini saya menggunakan presets General > Super HQ 1080p30 Surround.

Note : 1080p merupakan resolusi video dan 30 merupakan FPS video

  1. Selanjutnya, jika video yang digunakan memiliki FPS lebih dari 30 dan tidak ingin menurunkannya, teman-teman bisa mengatur framerate-nya pada menu video, lalu klik select box Framerate (FPS) dan pilih FPS sesuai keinginan.
  1. Karena video yang saya gunakan hanya beresolusi 1080p dan FPS 30, maka saya tidak perlu mengatur Framerate, cukup dengan menggunakan preset default yang telah disediakan HandBrake.
  1. Setelah mengatur preset video, selanjutnya menentukan lokasi untuk menyimpan video ke directory yang teman-teman inginkan dengan menekan tombol Browse pada sisi kanan bawah dan juga berikan nama file video yang akan di compress
  1. Selanjutnya tekan tombol Start Encode untuk memulai compressing file video dan tunggu hingga proses selesai
  1. Dapat kita lihat hasil dari kompres video ini yang sebelumnya ukuran file video tersebut sebesar 1GB dan sekarang hanya 307MB tanpa mengurang kualitas gambar video.
  1. Itulah tadi tutorial bagaimana cara mengecilkan ukuran file video tanpa mengurangi kualitas gambar menggunakan aplikasi HandBrake. semoga tutorial ini bermanfaat bagi teman-teman semua, Terimakasih. Wassalamualaikum

REFERENSI

  1. https://en.wikipedia.org/wiki/HandBrake diakses 19 Juli 2020

Sumber Gambar

Original Create by : Govinda Kharisma Dewa