PENDAHULUAN

Public speaking adalah sebuah bentuk dari komunikasi kepada sekelompok orang di depan public, contohnya untuk memberikan berbagai informasi yang ingin di sampaikan, mempengaruhi audiens, atau bahkan menghibur, Tidak semua orang bisa melakukan public speaking dengan baik dan benar, tak sedikit pula orang-orang di luar sana yang kemampuan public speaking nya sangat kurang, bahkan tidak bisa sama sekali.

Seperti yang kita ketahui public speaking itu sangat penting dan perlu pada saat kita berada di dalam suatu organisasi bahkan dunia kerja sekalipun kita dituntut untuk dapat menguasai public speaking. Apalagi bagi yang mempunyai jabatan tinggi sebagai seorang pemimpin di dalam suatu organisasi atau di dalam dunia kerja tersebut.

Selama bertahun-tahun, public speaking telah memainkan peran utama dalam pendidikan, pemerintah, dan bisnis. Kata-kata memiliki kekuatan untuk menginformasikan, membujuk, mendidik, dan bahkan menghibur. Dan kata yang diucapkan bahkan bisa lebih kuat daripada kata-kata tertulis di tangan pembicara yang tepat.

Didalam public speaking, audiens lebih sering memperhatikan ekspresi, bahasa tubuh, bahkan cara penyampaian informasi hal ini menjadi sesuatu yang penting untuk menunjukkan bagaimana seorang public speaking dalam penyampaiannya Banyak sekali orang-orang diluar sana yang tidak mahir dalam public speaking, karena sebagian orang merasa gugup, tidak percaya diri atau takut berbicara saat di depan orang banyak.

Berikut ini cara mudah melatih public speaking:

  1. Mencatat poin- poin penting dari materi yang di sampaikan
    Dalam berkomunikasi nantinya ada baiknya kita hanya mencatat poin-poin penting saja agar penyampaian materi menjadi terarah namun tidak kaku. Maka poin-poin tersebut harus di kembangkan secara spontan
  2. Melakukan interaksi dengan audiance
    Interaksi dengan audiance dibutuhkan agar audiance juga ikut serta dalam komunikasi ini. Sehingga komunikasi tersebut tidak terkesan membosankan. Atau anda juga bisa menyisipkan dengan beberapa humor- humor kecil atau sederhana.
  3. Perhatikan time manage tanpa meninggalkan poin-poin pentingnya.
    Membuat perkiraan time management dapat memudahkan anda dalam menyampaikan materi dan menyesuaikan waktu.
  4. Menggunakan kekuatan cerita untuk menyampaikan informasi.
    Menyampaikan pengalaman pribadi dapat menjadi daya tarik atau magnet tersendiri bagi audiance.
  5. Membangun kredibilitas anda.
    Dengan membangun kredibilitas yang baik akan membuat anda menarik di mata audiance. Posisikan diri anda sejajar, atau bahkan lebih pintar dari mereka terkait materi yang sedang anda sampaikan. Buanglah perasaan minder dan jadilah percaya diri.
  6. Berbicara dengan jelas dengan intonasi yang menyesuaikan pada kalimat.
    Pentingnya bicara dengan jelas membuat materi yang disampaikan dapat tersalurkan dengan baik pada audiance. Intonasi yang variatif akan membuat audiace lebih memahami materi yang anda sampaikan.
  7. Melakukan kontak mata dengan audiance serta menggunakan bahasa tubuh.
    Dengan melakukan kontak mata anda memberi kesan memperhatikan audiance sebagai lawan bicara serta dengan menggunakan bahasa tubuh akan mempertegas informasi yang anda sampaikan.
  8. Melakukan persiapan dengan matang. Persiapan yang matang bukan hanya terfokus pada materi saja tetapi juga memberhatikan hal-hal lain seperti kostum.
  9. Kemahiran public speaking adalah tentang jam terbang.
    Dengan jam terbang yang tinggi, membuat anda menjadi lebih terlatih dalam menyampaikan materi dan membuat anda menjadi public speaking yang handal.

REFERENSI
[1]. https://www.suara.com/yoursay/ Diakses 28 April 2020
[2]. https://jadikaryawan.com/tips-jago-public-speaking Diakses 28 April 2020
[3]. https://business.tutsplus.com/id/tutorials/what-is-public-speaking–cms-31255 Diakses 28 April 2020

Original Create by: Jeni Adhiva & Umairah Rizkya Gurning

Sumber Gambar