PENDAHULUAN

Hai teman-teman, apa kamu pernah mendengar kata XAMPP ? Tau gak sih apa itu XAMPP ?

Nah jika kamu seseorang yang suka membuat web pasti tau nih, apalagi jika kamu seorang mahasiswa yang mempelajari teknologi untuk menghasilkan karya-karya desain atau informasi yang akan dilihat oleh banyak orang, bahkan dunia.

Bagi yang baru mengenal software XAMPP semoga bisa memahami penjelasan dibawah ini dan selamat mencoba dan bagi yang sudah tahu kuy sama-sama kita pelajari lagi.

Apa itu XAMPP?

XAMPP adalah sebuah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, dan merupakan kompilasi dari beberapa program. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X atau cross platform (tempat sistem operasi), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan dan dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis.

Bagaimana fungsi XAMPP?

XAMPP biasanya banyak digunakan oleh para mahasiswa loh, tentu saja karena pada prakteknya XAMPP bisa digunakan untuk menguji kinerja fitur maupun menampilkan berbagai konten yang ada didalam website atau hasil desain website kamu tanpa harus terkoneksi dengan internet. Jika kamu ingin bisa diakses orang lain maka dibuat online dengan menggunakan web hosting.

Bagaimana cara menginstal Aplikasi XAMPP ?

  1. Kita bisa siapkan file XAMPP terlebih dahulu. Kita dapat mengunduhnya secara gratis melalui link berikut ini https://www.apachefriends.org/download.html
  1. Setelah berhasil di download, silahkan dobel klik pada aplikasi XAMPP kita. Akan ada jendela baru yang terbuka, pada proses ini kita diminta untuk memilih bahasa Indonesia atau bahasa inggris. Pilih bahasa yang kamu inginkan lalu klik OK.
  1. Selanjutnya kita akan diminta memilih komponen yang akan digunakan nantinya. Silahkan ceklis Standar untuk server web berbasis CMS WordPress menggunakan MySQL, FileZilla FTP server, dan Apache, sedangkan dari bahasa pemrograman bisa menceklist pilihan phpMyAdmin, PHP, dan Perl. Kemudian klik next.
  1. Kita diminta untuk memilih lokasi file XAMPP yang akan diinstal
  1. Silahkan tunggu beberapa menit sampai proses instalasi XAMPP selesai yang ditandai dengan bar progress seluruhnya berubah menjadi warna hijau.
  1. Akhirnya kita sudah bisa menjalankan program XAMPP di laptop atau PC Windows untuk membuat website secara offline menggunakan localhost.

Bagaimana cara menjalankan XAMPP?

  1. Pertama kita harus buka aplikasi XAMPP terlebih dahulu. Silahkan klik distart menu cari XAMPP atau mungkin klik icon nya di Dekstop anda.
  2. Setelah terbuka, silahkan klik tombol Start pada kolom Action tersebut, sehingga nantinya akan berubah menjadi Stop. Umumnya yang kita Start adalah aplikasi Apache dan MySQL.
  1. Selanjutnya bukalah browser dan ketik http://localhost/xampp di address bar. Akan muncul tampilan dibawah ini, artinya intalasi telah berhasil.

Yuk coba penerapan XAMPP kamu !!

Sebelumnya kita buka Code Editor sesuai yang kamu inginkan, disini saya menggunakan Sublime Text. https://www.sublimetext.com/

  1. Buka xampp kamu yang terdapat pada tempat penyimpanan.
  2. Buka htdocs lalu buat Folder baru, contoh Folder “Coba”
  1. Selanjutnya buka Sublime Text kamu, sebelum mengetikkan sesuatu silahkan kamu Ctrl+S terlebih dahulu pada tampilan code editor tersebut.
  2. Simpan file tersebut didalam folder “ Coba” yang sudah kita buat. Lalu buat file dengan nama “coba.html” dengan format type HTML. Kemudian save.
  1. Setelah kamu save, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini
  1. Pada file “coba.html”, silahkan ketik html lalu tekan Tab. Kemudian tuliskan seperti dibawah ini. Kemudian CTRL+S
  1. Jangan lupa aktifkan XAMPP kamu, kemudian buka Browser, ketik http://localhost/Coba/coba.html pada Address bar, lalu Enter.

Original Create by: Ega Dwi Lestari & Ummi Soleha

Sumber Gambar