Kita perlu mengetahui apa itu CV (Curriculum Vitae) sebelum mengetahui langkah-langkah membuat CV yang benar dan baik. Banyak para pelamar pekerjaan yang berstatus fresh graduate kebingungan tentang CV. Padahal CV merupakan suatu bagian yang terpenting dalam syarat mendaftar pekerjaan.

CV (Curriculum Vitae) merupakan dokumen yang memberi informasi tentang kualifikasi seorang pelamar pekerjaan. Contoh informasi yang terdapat pada dokumen tersebut seperti pendidikan, keahlian, bioadata, dan riwayat pekerjaan lainnya. Isi CV harus menggambarkan prestasi akademis dan pengalaman profesional yang kita miliki. Untuk mendapat penilaian yang tinggi dari rekrutmen, kita perlu membuat CV yang baik dan menarik dengan mencantumkan hal-hal yang wajib ada pada CV, seperti:

1. Data diri seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email.

2. Riwayat pendidikan yang mencakup nama Universitas, jurusan, dan gelar.

3. Pengalaman kerja mencakup posisi yang pernah ditempati, durasi bekerja, job description, perusahaan tempat bekerja, sertakan pula pengalaman kegiatan organisasi, sukarelawan, maupun magang.

4. Keterampilan pendukung yang memuat keahlian dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan.

Hal-hal yang wajib ada pada CV tersebut dicantumkan secara kronologis dan sesuai dengan realita. Jika ada, tuliskan pula pencapaian seperti kejuaraan kompetisi atau tambahan informasi lain yang dirasa perlu dicantumkan sebagai bagian dari isi CV.

Kita tahu, bahwasannya  bukan hanya kita yang ikut serta dalam melamar pekerjaan tersebut. Oleh karena itu, kita harus membuat CV yang menarik dan sebaik mungkin. Selain mencantumkan hal-hal yang wajib ada pada CV, kita dapat menambahkan keterangan yang mendukung citra profesional tanpa mengaburkan format CV itu sendiri untuk membuat CV tampak lebih menarik. Tapi seperti apa CV yang baik dan menarik tersebut?. Berikut tutorial untuk membuat CV yang baik dan menarik.

REFERENSI

[1] https://www.bola.com/ragam/read/4324117/apa-itu-curriculum-vitae-berikut-arti-manfaat-dan-contohnya

[2] https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/cara-membuat-cv-curriculum-vitae-yang-baik-dan-menarik

Created By : Sella Annisa, Raudyah Maghfirah