Business Intelligence sekumpulan teknik dan alat untuk mentransformasi dari data mentah menjadi informasi yang berguna dan bermakna untuk tujuan analisis bisnis. Teknologi BI dapat menangani data yang tak terstruktur dalam jumlah yang sangat besar untuk membantu mengidentifikasi, mengembangkan, dan selain itu membuat kesempatan strategi bisnis yang baru. Tujuan dari BI yaitu untuk memudahkan interpretasi dari jumlah data yang besar tersebut. Mengidentifikasi kesempatan yang baru dan mengimplementasikan suatu strategi yang efektif berdasarkan wawasan dapat menyediakan bisnis suatu keuntungan pasar yang kompetitif dan stabilitas jangka panjang.

Seiring dengan perkembangan teknologi, perusahaan pun mulai menggunakan berbagai perangkat untuk mendukung dan mengelola  keuangan  serta  sistem  manajemen inventory lebih baik. Salah satunya adalah dengan menggunakan Business Intelligence.

Hampir semua industri menggunakan teknologi Business Intellegence (BI), terutama industri Teknologi Informasi dan kesehatan. Posisi manajer dan eksekutif perlu lebih mengenal BI untuk membuat keputusan yang efektif berdasarkan data bagi perusahaan mereka. Arsitek data, analis data, dan analis BI pun diharuskan memiliki skill intelegensi bisnis yang mumpuni.

BI dapat digunakan untuk mendukung sejumlah besar keputusan bisnis mulai dari operasi sampai strategis. Keputusan operasi termasuk penempatan dan harga produk. Keputusan strategis termasuk prioritas, tujuan dan arah pada tingkat yang lebih luas. Pada semua kasus, BI lebih efektif bila digabungkan dengan data yang didapat dari pasar  tempat perusahaan beroperasi (data eksternal) dengan data dari sumber internal bisnis perusahaan seperti data operasi dan finansial (data internal). Bila digabungkan, data eksternal dan internal bisa menyediakan gambaran yang lebih lengkap, yang efeknya, menciptakan “inteligensi” yang tidak dapat diturunkan dari kumpulan data tunggal manapun.

Pengembangan Business Intelligence dibagi menjadi 6 tahap yang di mana pada tahap ke 3 sampai 5 (Business Analysis, Design, Construction), ada beberapa bagian yang dapat dijalankan secara bersamaan.

  1. Justification membahas tentang gambaran besar bagaimana Business Intelligence akan dibangun
  2. Planning adalah melakukan evaluasi terhadap infrastruktur yang dipunya saat ini serta melakukan perencaan projek.
  1. Business Planning adalah melakukan analisa dari bisnis yang berjalan mengenai apa saja yang harus didukung oleh Business Intelligence yang akan dibuat dan membuat rancangannya.
  2. Design adalah membangun Business Intelligence berdasarkan apa yang telah dirancang pada tahap 3.
  3. Construction merupakan tahap untuk melakukan persiapan implementasi Business Intelligence termasuk salah satu tahapnya adalah migrasi data.
  4. Deployment merupakan tahap impelementasi Business Intelligence dan Business Intelligence digunakan oleh pengguna.

Lalu, apa saja skill utama yang dapat ditingkatkan dengan menggunakan Power BI? Bagi anda yang baru saja memulai berkarir di bidang BI akan sangat terbantu dengan menggunakan Power BI. Tidak hanya kemajuan perusahaan yang diraih, tapi juga lebih terasahnya skill atau keterampilan yang sangat diperlukan untuk dapat bekerja di bidang ini. Di antaranya adalah:

1.      Kemampuan analitik terhadap data

Skill yang satu ini tentu saja menjadi hal paling utama yang harus diprioritaskan dalam pekerjaan di bidang BI. Dengan skill ini anda dapat melihat korelasi dan makna dari sebuah bahkan ribuan data mentah yang disajikan. Inilah yang disebut kemampuan analitik atau kemampuan menganalisis.

2.      Ilmu komunikasi

Bidang Business Intelligence memang membutuhkan keterampilan khusus yang tidak dapat dipelajari secara instan, namun ilmu komunikasi tidak dapat diremehkan keterkaitannya dengan bidang ini. Bila anda bekerja di bidang BI, Anda tak hanya harus dapat menganalisis data, tapi juga menginformasikannya dengan baik dan benar kepada orang lain, termasuk klien dan kolega yang belum tentu memahami dunia BI.

3.      Pengetahuan di bidang industri

Keterampilan ini harus dipelajari secara lebih spesifik, tergantung pada industri apa perusahaan Anda menjalankan bisnisnya. Bila anda bekerja pada perusahaan e-commerce di bidang kesehatan misalnya, anda harus mengetahui tren yang sedang berlangsung di bidang tersebut. Dengan demikian, anda dapat memahami dan menggunakan data lebih mendalam sehingga dapat tercapai solusi bisnis yang lebih efektif bagi perusahaan.

4.      Pemrograman SQL

Bahasa pemrograman SQL (Structured Query Language) pada umumnya digunakan dalam pengelolaan data, khususnya pada bidang intelegensi bisnis. Terdapat berbagai bahasa pemrograman, namun SQL adalah yang paling umum yang dapat anda pelajari.

5.      Pencari solusi yang efektif

Dengan Power BI anda juga dapat menjadi pencari solusi yang efektif, karena dalam bidang BI tidak cukup hanya kemampuan analitik terhadap data, tapi juga kemampuan memberikan solusi atau setidaknya saran yang jelas agar perusahaan dapat membuat keputusan bisnis yang lebih tepat sasaran.

Jadi, segera mulailah menganalisis data dengan Power BI dan dapatkan solusi bisnis yang jauh lebih baik untuk kesuksesan jangka panjang perusahaan anda.

REFERENSI

[1]. https://predatech.org/artificial-intelligence-aimanfaat-ai-dalam-kehidupan-manusia/ diakses pada tanggal 10 Mei 2020

[2]. https://www.jagoanhosting.com/blog/era-revolusi-industri-4-0/ diakses pada tanggal 10 Mei 2020

[3]. https://www.moodah.id/blog/peran-business-intelligence-dalam- mengoptimalkan-sistem-manajemen-inventori/ diakses pada tanggal 10 Mei 2020

[4]. https://www.solusi.com/5-skill-business-yang-dapat-diasah-dengan-power-bi/ diakses pada tanggal 10 Mei 2020

[5]. https://sis.binus.ac.id/2017/05/15/sekilas-tentang-business-intelligence/ diakses pada tanggal 10 Mei 2020

[6]. https://www.sales1crm.com/blog/apa-itu-business-intelligence-business- analytics-dan-perbedaannya diakses pada tanggal 10 Mei 2020

[7]. https://www.analyticsinsight.net/20-top-platforms-for-analytics-and-business- intelligence-business-intelligence-and-analytics/ diakses pada tanggal 11 Mei 2020

Original Create by : Jeni Adhiva & Zurriyata Fatni

Sumber Gambar