Apa yang harus saya pelajari dulu untuk memulai ngoding pemrograman web? Apa Bahasa pemrograman web yang popular saat ini? Apa Bahasa pemrograman web yang mudah digunakan?

Hai sobat, pasti selalu terfikir dalam benak kalian sebagai programmer pemula yang ingin belajar pemrogramman web. Ada banyak pertanyaanpertanyaan yang membuat kalian ingin tau mempelajari pemrogramman web. Pertanyaan-pertanyaan diatas adalah contohnya. Pertanyaanpertanyaan di atas akan selalu muncul buat kalian yang baru belajar pemrograman web. Pasti kalian bimbang nih, harus mulai darimana ?. Nah disini penulis akan menjawab pertanyaan di atas berdasarkan pengalaman pribadi penulis. Jawaban yang benar, jika kalian ingin memulai pemrograman web adalah :

Mulai dengan HTML

Kenapa HTML ? karena HTML adalah struktur dasar dari halaman web, atau bisa juga disebut sebagai kerangka sebuah web. Jika di ibaratkan dengan rumah hal ini sama seperti pondasi dan tiang penyangga rumah. Untuk belajar HTML ini tidak terlalu sulit, jadi jangan khawatir buat kalian yang tidak punya latar belakang belajar pemrograman. Karena di HTML hanya mempelajari struktur dari sebuah web. Untuk mempelajari HTML kalian hanya membutuhkan sebuah text editor dan web browser.

Setelah HTML, Selanjutnya apa ?

Jika kalian sudah menguasai HTML, maka langkah selanjutnya kalian harus belajar CSS. CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheets. CSS bisa juga dibilang sebagai desain/style dari sebuah web, jika di ibaratkan dengan rumah CSS sama hal nya seperti hiasan atau dekorasi di rumah tersebut. Belajar CSS juga tidak terlalu sulit, karena mirip- mirp dengan HTML. Untuk mempelajari CSS kalian membutuhkan Script HTML. Jika tidak ada Script HTML maka CSS tidak bisa di buat.

Belajar JavaScript

JavaScript perlu di pelajari, karena JavaScript diperlukan untuk membuat halaman web menjadi interaktif dan menyempurnakan tampilan dan sistem halaman web.  Memepelajari javascript ini lumayan asik tapi agak rumit karena JavaScript temasuk Bahasa pemrograman murni. Dengan mempelajari JavaScript kalian bisa membuat animasi, pesan kesalahan dan yang lebih asik lagi kalian bisa membuat game online berbasis web.

Belajar PHP

Berikutnya jika kalian sudah mempelajari dan menguasai HTML, CSS dan JavaScript, kalian bisa lanjut untuk mempelajari Bahasa program PHP. Bahasa pemrogramman PHP ini merupakan Bahasa program murni sama halnya seperti JavaScript. Di PHP ini lah web programming yang sebenernya. PHP digunakan untuk merancang program di website, seperti mengatur logika, mendapatkan input data dari form HTML, menghasilkan isi halaman web yang dinamik, merupakan wadah komunikasi dengan database seperti MYSQL dan menerima cookie.

Mempelajari Database.

Mempelajari database ini merupakan hal yang sangat penting. Karena, ketika membuat website dengan PHP, kita membutuhkan tempat penyimpanan data dari form input yang diambil. Seperti registrasi user, input data penjualan, laporan hasil dll.

banyak terdapat program aplikasi database yang bisa digunakan, saat ini yang popular digunakan adalah MYSQL. Dalam mempelajari database ini kalian bisa mempelajarinya sekaligus belajar dengan Bahasa program PHP.

Semoga artikel ini bisa memberikan gambaran bagi programmer pemula yang ingin mempelajari pemrogramman web secara terurut. Ini merupakan gambaran dari pengalaman penulis, semoga bermanfaat, terima kasih… Download Full Belajar Pemrogramman Web, Mulai dari mana ?

Original Create By : Ahmad Harun

Sumber Gambar