PENDAHULUAN


Hello sobat pembaca setia Predatech WFH, kembali kami memberikan artikel menarik dan tentunya sangat bermanfaat bagi teman-teman yang sering menggunakan Ms. Office. Kali ini akan membahas mengenai cara menjadikan Ms. Excel menjadi database dan datanya dapat digunakan secara otomatis di Ms. Word. Pada artikel kali ini akan membahas tuntas langkah-langkah menjadi Ms. Office menjadi database.

Baiklah teman-teman semua disini saya akan memberikan tutorial transfer data dari Ms.Excel ke MS. Word. Jadi silahkan simak tutorial ini sampai dengan selesai.

  1. Langkah pertama adalah teman-teman harus membuat form terlebih dahulu di word. Contoh di bawah ini saya membuatkan sebuah form biodata mahasiswa seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
  1. Perhatikan biodata di atas masih kosong dan belum memiliki data, biodata di atas akan terisi secara otomatis dengan sumber data dari Excel sebagai databasenya. Akan tetapi teman-teman juga harus memiliki data Excel dengan beberapa field yang dimiliki oleh data di MS. Word di atas. Contoh datanya dapat di lihat pada gambar di bawah ini.
  1. Selanjutnya akan dipanggil data dari Ms. Excel menuju Ms. Word, dengan buka biodata yang sudah dibuat di Ms. Word, lalu pilih Mailings > Start Mail Merge > Step – by- Step Mail Merge Wizard. Langkahnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Maka disisi kanan akan muncul pilihan Mail Merge selanjutnya pilih step 3, maka akan muncul pilih Browse pada lingkaran merah untuk memilih data excel yang diinginkan.

  1. Kemudian teman-teman memilih data Ms. Excel yang akan dijadikan sebagai database yang akan dapat di akses secara otomatis oleh Ms. Word. Jangan lupa juga memilih sheet pada excel teman-teman, tergantung banyak sheet yang ada pada excelnya. Tentunya dimana letak data yang akan digunakan seperti yang terdapat pada gambar di bawah ini.
  1. Setelah itu makan akan muncil field atau atribut data Excel yang dipilih. Temanteman dapat memilih atribut yang dipilih sesuai dengan kebutuhan. Kemudian pilih OK sesuai dengan gambar di bawah ini.
  1. Selanjutnya adalah arahkan kursor pada atribut yang kosong pada file Bidodata di Ms. Word. Kemudian silahkan pilih Insert Merge Field makan akan muncul pilihan atribut dari data Ms. Excel. Isilah setiap atribut yang kosong pada biodata sesuai dengan data yang ada di pilihan Field yang tersedia.

Setelah dilakukan sesuai dengan langkah pada gambar di atas, maka akan muncul data seperti pada gambar di bawah ini.

  1. Data pada langkah sebelumnya masih menampilkan nama field dari data Ms. Excel yang dipilih, untuk menampilkan datanya teman-teman cukup memilih Preview Results seperti pada gambar di bawah ini.
  1. Untuk data selanjutnya teman-teman cukup memilih button arah di sesuai data yang akan diambil dari Ms. Excel, maka data akan yang diinginkan akan muncul secara otomatis seperti yang terdapat pada gambar di bawah ini.

REFERENSI
[1]. https://www.computer1001.com/2012/06/cara-membuat-mail-merge-labeldengan.html
[2]. http://www.pintarkomputer.com/cara-membuat-mail-merge-di-word-menggunakansumber-data-dari-excel-lebih-praktis/

Original Create by: Rimelda Adha & Sindhy Genjang S

Sumber Gambar