PENDAHULUAN

1. Sebelum menginstall Framework Laravel terlebih dahulu melakukan penginstallan Composer sebagai Dependency Manager (Ketergantungan). Teman-teman sekalian dapat menginstallnya di https://getcomposer.org/download/. Setelah di download lakukan penginstallan dan ikuti setiap langkah seperti gambar di bawah ini.

2. Setelah itu, coba perhatikan pada angka 3, akan muncul secara otomatis direktori Xampp yang sudah diinstall sebelumnya. Kemudian pilih Next untuk langkah selanjutnya.

3. Setelah selesai selanjutnya akan tampil versi yang sudah di install pada angka 6. Setelah itu pillih Next.

4. Kemudian teman-teman sekalian dapat memeriksan berhasil atau tidaknya melakukan penginstallan Composer di Command Promt dengan mengetikan Composer.

5. Setelah selesai melakukan penginstallan Composer selanjutnya adalah melakukan penginstallan Framework Laravel. Teman-teman sekalian dapat melihat fitur-fitur lengkap Laravel di situs https://laravel.com/docs/7.x. Tahap pertama adalah masuk ke Command Promt dengan pindah ke direktori Xampp/htdocs sebagai localhost. Tahapnya dapa dilihat pada gambar di bawah ini.

Jika sudah masuk direktori htdocs maka mulailah melakukan penginstallan Framework Laravel. Teman-teman dapat mengetikan composer create-project — prefer-dist laravel/laravel Predatech. Kemudian tunggu hingga proses penginstallan selesai.

Predatech sebagai nama project laravel dan setelah itu masuklah ke folder Predatech dengan mengetikan cd Predatech.

6. Jika Proses install sudah selesai coba cek Folder Predatech sebagai projek Laravel yang sudah diinstall pada tahap sebelumnya. Teman-teman sekalian dapat mengakesnya di LocalDisk (C) > xampp > htdocs, seperti yang terdapat pada gambar di bawah ini.

Setelah itu kembali ke Command Promt untuk memeriksa versi php dengan mengetikan php artisan. Dengan mengetikan php artisan juga akan menampilkan beberapa perintah yang berfungsi untuk meringankan ketika mengerjakan aplikasi menggunakan framwork Laravel. Perintah-perintah tersebut dapat dilihat pada potongan gambar di bawah ini.

7. Langkah terakhir terkait penginstallan adalah menampilkan layout default Laravel dengan cara mengetikkan perinta php artisan serve. Kemudian akan tampilan URL http://127.0.0.1:8000dan teman-teman dapat membukanya di browser masing- masing dengan mengetikan URL tadi seperti gambar di bawah ini.

REFERENSI

[1].    https://edusoftcenter.com/mengenal-framework-laravel-dan-berbagai-fitur-fitur-nya/ diakses 5 Mei 2020

[2].    https://www.youtube.com/watch?v=eRZFGSCkAnw diakses 5 Mei 2020

Original Create by : Taufiq Qurahman & Shasa Elfina Rahmadani

Sumber Gambar