Jupyter Notebook (jupyter.org) adalah salah satu tools yang saat ini populer sebagai pengolahan data di python. Jupyter Notebook memungkinkan untuk mengintegrasikan antara kode-kode python dengan output yang ada dalam satu dokumen, dimana coding dan dokumen bisa dilakukan dalam satu page dan disimpan dalam bentuk persentase yang menarik. Untuk menggunakan jupyter notebook, pastikan sudah melakukan instalasi python atau anaconda. Kalau belum mengisntal python, maka Anda perlu menginstalasinya terlebih dahulu (python.org/downloads/) pilih python versi 3 terbaru atau (anaconda.com/distribution/).

Sebelum menggunakan jupyter notebook kita harus membuat folder sebagai tempat untuk menyimpan kode-kode python nantinya.

Langkah awal, buka folder Windows Explorer dan buat folder penyimpanan yang diinginkan dengan nama folder “Belajar Jupyter Notebook”.

Langkah Pertama : Instalasi Jupyter Notebook

Setelah Python sudah terinstal dan aktif selanjutnya tahap pertama, buka command prompt lakukan instalasi jupyter notebook untuk penggunaan jupyter.

Jika jupyter notebook sudah terinstal, lakukan instalasi pandas.

Fungsi pandas adalah sebagai library analisis data yang memiliki struktur data yang bertujuan untuk membersihkan data mentah ke bentuk yang cocok untuk dianalisis (yaitu tabel). Pandas bertugas untuk menyelaraskan data dan perbandingan serta penggabungan set data, penanganan data yang hilang, dan lain-lain.

Untuk melihat langkah selanjutnya dalam menggunakan jupyter pada python, anda dapat Download Full Belajar Dasar Python : Tutorial Menggunakan Jupyter Notebook. Semoga Bermanfaat!

REFERENSI

[1]. https://indoml.com/2019/09/29/pengenalan-dan-panduan-jupyter-notebookuntuk-pemula/ diakses 19 September 2019
[2]. https://ngodingdata.com/memahami-jupyter-notebook-dan-caramenggunakannya/ diakses 20 Oktober 2019
[3]. https://www.youtube.com/watch?v=tg4KT1oN2js diakses 18 Oktober 2018

Original Create by: Putri Anglenia & Sania Fitri Octavia

Sumber Gambar