Pada tutorial ini akan membahas bagaimana membuat GUI sederhana menggunakan builtin package pada python yaitu tkinter, sebelum masuk ke pembahasan inti kita akan membahas terlebih dahulu apa itu GUI, built-in package, tkinter dan tutorial coding membuat GUI sederhana dengan menggunakan tkinter. Apa itu GUI? GUI adalah Graphical User Interface dalam komputer digunakan untuk sebagai antarmuka pengguna untuk bisa berinteraksi pada user. Biasanya diciptakan untuk berbagai media virtual untuk memberikan informasi perintah tertentu pada berbagai komputer tanpa mengetik perintah pada komputer. Perintah yang didapat pada GUI didapat dari hasil konversi dari shell maupun code yang digunakan untuk perintah untuk melakukan action tertentu. Penggunaan graphical user interface ini juga diterapkan pada beberapa jenis usaha yang spesifik. seperti tampilan pada mesin ATM, tampilan pada mesin kasir dan banyak lainnya, adapun interaksi yang dilakukan yaitu menekan tombol yang sejajar dengan menu yang ada, maupun dilengkapi dengan layar sentuh untuk interaksi virtual lebih.

Built-in package adalah paket-paket yang sudah tersedia di python dan bisa kita gunakan langsung tanpa perlu mengimport menggunakan pip, misalnya math dan tkinter. Contoh sederhana penggunaan math. Math digunakan untuk menghitung fungsi-fungsi matematika.

Maka akan menampilkan output berupa nilai pi.

Tkinter (Tk Interface) adalah suatu pustaka GUI (alat penghubung pemakai grafis ) widget standar pembuat interface python untuk Tk GUI toolkit. Tkinter merupakan pustaka yang secara langsung di ‘bundle’ didalam python dan bekerja berdasarkan toolkit yang terdapat pada python itu sendiri. Tkinter merupakan antarmuka grafisnya dari TCL (Tool Command Language) yang memudahkan programmer dalam pembuatan programnya.

Untuk memuat toolkit tkinter kita perlu:

  • Meng-import module tkinter.
  • Membuat main window (Container).
  • Menambahkan beberapa widget ke window.
  • Terapkan event trigger pada widget.

Buat file python baru dengan dengan nama “coba_tkinter.py”

Import module tkinter

Membuat main window

Kita telah membuat satu main window, untuk nama main window tersebut sebetul terserah dan biasanya orang-orang membuat dengan nama root.

Membuat mainloop:

Mainloop digunakan agar program berputar terus/berjalan terus, agar program tidak keluar hingga menunggu di-close.

Run Code:

Output

Ini adalah contoh GUI yang sudah dibuat hanya dengan menggunakan 3 baris program.

Cara Menampilakan teks:

Label memakai object di tkinter yaitu Label(), lalu di letakkan di main window dan diberi teks. Label.pack() digunakan untuk menempatkan isi dari label tersebut.

Output :

Membuat Button

Untuk membuat tombol menggunakan object yaitu Button(). Sama seperti label kiat juga haru menempatkan tombol dengan cara tombol.pack().

Output :

Membuat aksi apabila tombol ditekan menggunakan method

Command = tombol_ditekan digunakan untuk memanggil method tombol_ditekan, dimana pada method tersebut terdapat label dengan text = tombol ditekan.

Output :

Output ketika tombol ditekan:

Setelah tombol ditekan, maka memanggil fungsi/method tombol_ditekan, yang mana method tersebut memuat label dengan teks = tombol ditekan, sehingga label tersebut muncul dibawah tombol ketika tombol ditekan.

Demikian tutorial GUI pada python yang sangat sederhana ini, mohon maaf apabila banyak terdapat kesalahan, terima kasih.

Original Create by : Fauzi Ihsan & Izza Afkarina

Sumber Gambar