PENDAHULUAN

Di dalam dunia kerja selalu memiliki alur kerja agar dapat dengan mudah dipahami sehingga dapat diimplementasikan dengan mudah oleh pekerja. Alur kerja ini bertujuan untuk mamaparkan tahap-tahap maupun proses yang akan dilakukan didalam sebuah proyek, bisnis, dan sebagainya. Untuk melihat alur kerja ini tak mesti dibuat secara manual melalui tulisan tangan, namun ada beberapa aplikasi yang menyediakan kemudahan untuk merancang sebuah alur kerja dalam suatu perusahaan, dan proyek lainnya.

Keberadaan aplikasi flowchart dapat membantu kita dalam menyederhanakan proses pembuatannya. Fitur yang disediakan memiliki symbol-symbol yang dapat dipahami secara visual tanpa harus memberitahukan secara tertulis. Tentunya hal ini akan mempermudah kita dalam memahami sebuah proses atau alur pekerjaan.

Beberapa aplikasi flowchart yang dapat kamu gunakan :

1. Microsoft Visio

Microsoft Visio (atau sering disebut Visio) merupakan sebuah program aplikasi komputer yang digunakan untuk membuat diagram, diagram alir (flowchart), brainstorm, dan skema jaringan yang dirilis oleh Microsoft Corporation. Aplikasi visio ini menggunakan grafik vektor untuk membuat diagram-diagramnya.

2. yEd Graph Editor

yED Graph Editor adalah aplikasi desktop free, dan lintas platform yang dapat digunakan untuk membuat diagram dengan cepat juga efektif. Aplikasi ini dapat digunakan pada semua platform utama seperti Windows, Unix/Linux juga Mac OS X.

Aplikasi ini mendukung berbagai jenis diagram yang memungkinkan
pengguna untuk membuat diagram secara manual ataupun mengimpor data eksternal untuk manipulasi atau analisis. yED juga bisa digunakan untuk membuat bagan organisasi, mind map, diagram swimlane, ERD, dan lainnya.

3. Gliffy Diagram

Aplikasi ini adalah pilihan lain untuk membuat flowchart yang berbasis web yang sangat mudah dipelajari. Kamu akan langsung bisa mendapatkan sebuah flowchart, diagram Venn atau apa pun yang terlintas di benakmu hanya dengan memindahkan shape dari panel kiri dan pindahkan ke template.

Berbagai jenis bentuk dan ikon dapat dipilih, dan jika menambah bentuk hasil buatan sendiri akan semudah memindahkan bentuk dari panel yang ada di komputermu. Grid bawaan aplikasi tersebut membuat semua elemen berada di tempatnya dan terlihat rapi sehingga diagram flowchart bisa cepat dibuat.

REFERENSI:
[1]. https://carisinyal.com/aplikasi-untuk-membuat-flowchart/ diakses 13 juli 2020
[2]. https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Visio diakses 13 juli 2020
[3]. https://urbandigital.id/aplikasi-alternatif-microsoft-visio/ diakses 13 juli 2020
[4]. http://yeupdate.blogspot.com/2015/01/yed-graph-editor-aplikasi-untuk-membuat.html/ diakses 13 juli 2020
[5]. http://www.cloudtech.pro/saas/5275/gliffy-business-review diakses 13 juli 2020

Sumber Gambar

Original Create by : Ummi Soleha & Sherly Aprilia Hanifah