Perkembangan Teknologi membuat kita dapat melakukan banyak hal melalui PC ataupun Smartphone. Sebagai contohnya saja, kita dapat melakukan dokumentasi berbagai hal dengan menggunakan PC yang kita miliki. Dokumentasi tersebut baik berupa gambar, audio, ataupun video.

OBS Studio merupakan software yang bersifat open source dan gratis. Ditulis dalam C, C ++ dan Qt, OBS menyediakan penangkapan layar, komposisi adegan, perekaman, dan penyiaran. Software ini banyak digunakan untuk kegiatan live streaming dan video recording. Selain gratis software ini juga dapat diinstall pada Windows, Linux, dan MacOS.

Bagaimanakah langkah untuk melakukan perekaman layar menggunakan OBS Studio?

Jika kamu belum memiliki aplikasi ini pada PC milikmu, kamu dapat mendownload aplikasi ini pada halaman https://obsproject.com/download terlebih dahulu. Setelah proses download berhasil dilakukan, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Install OBS Studio pada perangkatmu

Untuk memulai proses Install pada perangkatmu, kamu dapat melakukan double- klik pada installer aplikasi ini. Setelah melakukan double-klik, kamu akan melihat tampilan seperti pada gambar disamping, dan kamu dapat menekan “Next”. Setelah itu, akan muncul License Agreement, dan kamu dapat kembali menekan “Next”.

Setelah itu, kamu dapat memilih lokasi penyimpanan aplikasi ini. Jika sudah selesai memilih lokasi penyimpanan, kamu dapat meng-klik “Install”. Proses penginstallan akan berjalan setelahnya. Jika proses penginstallan selesai kamu dapat menekan “Finish”

  1. Jalankan Auto-Configuration pada tab Tools, kemudian pilih Optimize, just for recording
  1. Pilih resolusi dan FPS sesuai dengan yang kamu inginkan
  1. Jika, pengaturan kamu rasa sudah sesuai, tekan “Apply Settings”
  1. Selanjutnya, kamu dapat menekan tombol “add source” lalu pilih display capture
  1. Beri nama, lalu tekan “OK”
  1. Pada jendela Preview Display Capture, kamu dapat melihat preview dari rekaman layar yang akan dilakukan. Jika ingin menampilkan kursor pada rekaman, kamu dapat menceklis “Capture Cursor”. Jika sudah sesuai, tekan “OK”.
  1. Untuk memulai perekaman layar, kamu dapat menekan tombol “Start Recording”
  1. Jika sudah menekan tombol “Start Recording”, aktivitas pada layar PC mu sudah berhasil direkam. Kamu dapat meminimize OBS Studio dan memulai aktivitas yang ingin kamu rekam.
  2. Jika sudah selesai merekam kamu dapat menekan tombol “Stop Recording”.

Video hasil rekamanmu dapat kamu lihat pada folder videos pada perangkatmu.

REFERENSI

[1]. https://en.wikipedia.org/wiki/Open_Broadcaster_Software diakses 6 Juli 2020

[2]. https://itnesia.com/cara-merekam-layar-pc-menggunakan-obs/ diakses 5 Juli 2020

Sumber Gambar

Original Create by : Nana Nurhaliza & Imelda Erza