PENDAHULUAN

Pada zaman modern saat ini, penggunaan computer dalam suatu perusahaan atau instansi sudah tidak asing lagi. Penggunaan computer untuk mengelola data yang banyak menjadi lebih mudah karena kecepatan dan ketepatan dalam pemerosesan datanya. Selain itu computer juga dapat mengirim data ke berbagai perangkat komputer lainnya, bahkan kita dapat menyimpan data kita dengan menguploadnya ke internet saat kita terhubung ke internet.

Saat kita terhubung dengan internet dan berbagi jaringan dengan orang lain. Pengguna lain dapat mencuri data yang kita kirimkan melalui jaringan. Peran seorang administrator jaringan sangat penting dalam mengamankan jaringan pada kasus ini. Selain itu kita juga harus berhati hati dalam penggunaan data penting menggunakan jaringan publik, misalnya data perusahaan. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengenal beberapa tools dalam memonitoring jaringan yang dapat digunakan administrator jaringan dalam memonitoring jaringan.

Sebelum kita ke tools-nya, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu monitoring jaringan. Monitoring jaringan adalah kegiatan yang dilakukan administrator jaringan dengan cara menganalilsis dan mengumpulkan data pada trafik jaringan untuk memaksimalkan sumber daya jaringan komputer. Selain itu monitoring jaringan membantu administrator jaringan dalam mendesain dan memeriksa up dan down dari suatu jaringan dengan menggunakan utilities ping.

Berikut ini beberapa tools dalam memonitoring jaringan yang dapat kamu
gunakan, diantaranya:

1. Nagios

Nagios merupakan aplikasi monitoring jaringan yang memiliki banyak keunggulan, diantaranya tampilan yang simple namun dapat memonitoring layanan jaringan seperti SMTP, POP3, HTTP, NNTP, PING. Aplikasi ini selalu up dan running sehingga administrator jaringan dapat membantu dalam monitoring dan juga memberi peringatan keadaan baik atau buruknya jaringan.

2. NetXMX

NetXMX merupakan tool untuk monitoring dan management jaringan. NetXMX ini dapat dijalankan di semua platform OS.

Tool ini menawarkan beberapa pengaturan diantaranya management event, monitoring performa, alerting, pelaporan dan grafik. Selain itu tool ini memiliki fitur engine basis data, monitoring jaringan terdistribusi, auto discovery dan analisis jaringan.

3. Munin

Munin merupakan tool yang dapat digunakan oleh administrator jaringan. Tool Munin ini bersifat open source dan diakses melalui web. Aplikasi Munin memiliki kemampuan dalam memonitoring jaringan dan memberitahu administrator jaringan. Munin menggunakan bahasa pemograman Perl dan RRDTool untuk menjalankannya.

4. OpenNMS

OpenNMS adalah tool dalam me-monitoring jaringan untuk infra-struktur IT. Melalui tool OpenNMS ini, administrator jaringan mampu me-ngumpulkan metriks system dengan menggunakan JMX, WMI, SNMP, NRPE, XML HTTP, JDBC, XML, JSON.

Selain itu, OpenNMS dapat menemukan lapisan dua topologi jaringan dalam jaringan. Ini dibangun pada arsitektur-event dan dukungan Grafana.
Administrator jaringan dapat melihat laporan dengan mudah di dashboard dan grafik karena OpenNMS mendapat built-in pelaporan.

5. Microsoft Network Monitor

Microsoft Network Monitor adalah tool dalam monitoring jaringan. Pada aplikasi ini, administrator jaringan dapat melakukan capture, view dan menganalisis jaringan. Fitur unggulan dari Microsoft ini yaitu tersedianya lebih dari 300 protokol milik Microsoft ataupun publik, mode wireless monitor, sniffing trafik yang kacau dan capture session secara bersamaan. Pada saat mengoperasikan Microsoft Network Monitor, administrator jaringan dapat memilih adapter mana yang ditautkan pada window utama. Setelah itu klik “New Capture” untuk menginisialisasi tab capture baru. Kemudian pada tab Capture, klik “Capture Settings” yang bertujuan untuk mengatur filter, adapter.

6. Capsa Free Network Analyze

Capsa Free adalah aplikasi penganalisis jaringan untuk memonitor traffic jaringan, mengatasi isu-isu jaringan, dan meng-analisis paket data. Fitur-fiturnya meliputi dukungan terhadap lebih dari 300 protokol jaringan (termasuk kemampuan untuk membuat dan kustomisasi protokol), monitor email dan autosave, laporan yang bisa dimodifikasi, serta dasbor.

7. Network Miner

Network Miner meng-capture paket data jaringan dan kemudian melakukan parsing data untuk mengekstrak file dan gambar, sehingga memudahkan proses rekonstruksi event yang dilakukan pengguna pada jaringan.

Hal ini juga dapat dilakukan dengan cara parsing file PCAP, file log hasil capture sebelumnya. Kamu dapat memasukkan kata kunci yang akan ditandai sembari paket data di-capture. Network Miner diklasifikasikan sebagai sebuah aplikasi Network Forensic Analysis Tool (NFAT) yang dapat mengumpulkan informasi seperti hostname, sistem operasi, dan port yang terbuka pada hosts.

8. Pandora FMS

Pandora FMS merupakan aplikasi monitoring performa, jaringan, dan ketersediaan yang akan mengawasi jalannya server, aplikasi, dan komunikasi.

Aplikasi ini memiliki sistem korelasi event tingkat lanjut yang memungkinkan pengguna untuk membuat alerts berdasarkan event yang terjadi dari sumber berbeda dan mengirimkan notifikasi pada administrator sebelum terjadi gangguan. Saat kamu login ke Web UI nya Pandora FMS, mulailah pada menu ‘Agent detail’ dan node ‘Services’ di bagian kiri panel navigasi. Dari situ, kamu dapat melakukan konfigurasi agen dan layanan untuk monitoring.

9. Zenoss Core

Zenoss Core adalah platform monitoring IT open source powerful yang memonitor aplikasi, server, media penyimpanan, jaringan, dan virtualisasi untuk memberikan statistik ketersediaan dan performa. Aplikasi ini juga memiliki sistem event handling dengan performa sangat baik serta sistem notifikasi tingkat lanjut.

Setelah kamu login ke web UI Zenoss Core untuk pertama kali, kamu akan dihadapkan pada wizard dua langkah yang akan memintamu untuk membuat akun pengguna dan menambahkan satu atau beberapa perangkat atau hosts utamamu untuk kamu monitor. Kemudian, kamu akan dibawa ke tab Dashboard. Gunakan tab Dashboard, Events, Infrastructure, Reports, dan Advanced untuk mengonfigurasi Zenoss Core dan melakukan review laporan dan event yang butuh penanganan.

10. Splunk

Splunk adalah platform pengumpul dan analisis data untuk memonitor, me-ngumpulkan, dan menganalisis data dari berbagai macam sumber daya jaringan (contoh: event logs, perangkat, layanan, traffic TCP/UDP, dll).

Kamu dapat mengatur pengaturan pemberitahuan untuk memberi notifikasi ketika terjadi sesuatu atau menggunakan fitur pencarian ekstensif dari Splunk, fitur pelaporan dan dasbor agar data yang terkumpul dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Splunk juga menyediakan ‘Apps’ untuk menambah fungsionalitas sistem.

Sumber Gambar

Created By: Joliando Pulungan & Halde Alfurqan

REFERENSI:
[1]. https://www.google.com/search?q=Nagios&safe=strict&client=firefox-b-
d&sxsrf=ALeKk00xSvdPaAKdLjITEVxtEieqV3ZDOQ:1595200728764&source
=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwiV8KHmudrqAhXA63MBHUY_CBsQ_
AUoAXoECBgQAw&biw=1366&bih=654#imgrc=6Ca6wMTCqYo-rM
diakses
17 juli 2020.
[2]. http://nguprek.com/download-10-software-monitoring-untuk-sysadmin-
terbaik/
diakses 17 juli 2020
[3]. https://www.google.com/search?q=netxmx&safe=strict&client=firefox-b-
d&sxsrf=ALeKk01S8–
qFMpxZr3vzr7YQwyI_Yajrw:1595201454339&source=lnms&tbm=isch&sa=
X&ved=2ahUKEwjTs5_AvNrqAhVIOSsKHSO-
BxQQ_AUoAnoECBIQBA&biw=1366&bih=654#imgrc=7Hxg0KUdEko6-
M
diakses 17 juli 2020.
[4]. https://www.google.com/search?q=munin&safe=strict&client=firefox-b-
d&sxsrf=ALeKk00POSqeQUYtO6DJ5hKa7MFWsrRJEQ:1595209144683&sour
ce=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwi16KST2drqAhWzW3wKHftsA4YQ
_AUoAXoECBoQAw&biw=1366&bih=654#imgrc=RO1vylTIdHQKmM
diakses
17 juli 2020
[5]. https://beril.id/top-5-open-source-monitoring-software-terbaik-untuk-
infrastruktur-it/
diakses 17 juli 2020
[6]. https://www.downloadsoftwaregratisan.com/download-aplikasi-
monitoring-analisis-jaringan-untuk-sysadmin/
diakses 17 juli 2020
[7]. https://www.downloadsoftwaregratisan.com/download-aplikasi-
monitoring-analisis-jaringan-untuk-sysadmin/
diakses 20 juli 2020
[8]. https://www.softwarevilla.com/download/capsa-free-network-analyzer
diakses 20 juli 2020
[9]. https://www.netresec.com/?page=NetworkMiner diakses 20 juli 2020
[10]. https://medium.com/ft-product-technology/making-splunk-part-of-the-
platform-651b0184106c
diakses 20 juli 2020