PENDAHULUAN

Dunia sedang dilanda pandemi virus yang memaksa kita untuk membatasi aktivitas diluar dan bertemu banyak orang. Dalam rangka pencegahan penyebaran virus covid-19, pemerintah Indonesia sendri meminta masyarakat untuk bekerja, belajar dan beribadah dirumah.

Untuk mendukung kebijakan tersebut, beberapa startup pendidikan dan perusahaan teknologi saling berinovasi menciptakan aplikasi pendidikan yang mudah dan gratis. Aplikasi-aplikasi tersebut tentunya membantu lemabaga pendidikan agar tetap lancar mengajar dimasa pandemi ini dengan tetap menjaga jarak dan menjalankan protokol kesehatan. Kali ini penulis akan memberitahu aplikasi-aplikasi belajar online yang dapat kamu pakai dalam mendukung kegiatan belajar kamu dirumah. Adapun aplikasi-aplikasi tersebut antara lain:

1. Ruangguru

Ruang Guru merupakan platform pembelajaran daring yang memiliki banyak fitur untuk mendukung kegiatan belajar dan pembelajaran siswa di luar sekolah dengan menggunakan media Aplikasi Mobile (Android & iOs).

Fitur utama yang ditawarkan yaitu video pembelajaran yang dibawakan oleh Guru-Guru terkualifikasi, dilengkapi oleh animasi yang memperjelas materi yang disampaikan. Dengan aplikasi Ruang Guru siswa dapat bertemu dengan Guru kapan saja, tanpa harus kelelahan dan jenuh dengan membaca catatan atau buku paket sekolah dengan sumber rujukan tepercaya dan sesuai dengan kurikulum. Setiap harinya, bakal ada materi pembelajaran mulai dari SD, SMP, hingga SMA yang bisa ditonton melalui live streaming mulai pukul 08.00-12.00.

2. Google Classroom

Google Classroom terkoneksi dengan akun Gmail
sehingga mempermudah dalam pengaksesannya terutama untuk para pengguna smartphone berbasis sistem operasi Android.

Google Classroom memiliki tampilan seperti sebuah forum yang memungkinkan guru dan para murid dapat berinteraksi di dalamnya. Seperti kegiatan mengerjakan tugas, memberikan nilai, hingga konsultasi. Google Classroom cocok dijadikan sebagai aplikasi kuliah online.

3. Edmodo

Edmodo adalah aplikasi belajar online yang memiliki tampilan dan fitur untuk meng-hubungkan antara guru, murid, dan orang tua agar mengetahui kegiatan belajar mengajar.

Selain memberikan materi dan penugasan, guru juga bisa mendapatkan survei dari metode pembelajaran yang mereka lakukan di dalam aplikasi. Aplikasi Edmodo juga menyediakan fitur pesan langsung yang meng-hubungkan antara siswa dan guru secara personal.

4. Quipper

Aplikasi Quiper menyediakan opsi pembelajaran online tetapi juga dapat mengunduh dan belajar offline. Quipper juga tergolong memiliki materi pembelajaran yang cukup lengkap yang disesuaikan dengan kurikulum yang ditetapkan pemerintah.

Quipper menyediakan fitur pengingat yang bisa membuat jadwal mingguan sehingga proses belajar dapat lebih teratur. Dengan membayar biaya langganan mulai dari Rp90 ribuan per bulan, kita bisa menikmati konten-konten ekslusif yang ada di Quipper.

5. Zenius

Aplikasi Zenius Education adalah aplikasi teknolog pendidikan terkemuka di Indonesia.

Aplikasi zenius memproduksi konten e-learning untuk siswa K-12, yang
mencakup materi pelajaran dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah, serta persiapan ujian nasional (UN) dan ujian masuk universitas (SBMPTN dan Ujian Mandiri). aplikasi ini bisa juga digunakan secara offline.

6. Brainly

Aplikasi Brainly adalah merupakan aplikasi pendidikan berbasis teknologi dan sebuah situs web belajar yang memungkinkan penggunanya untuk saling bertanya dan menjawab per-tanyaan terkait dengan pelajaran sekolah secara terbuka ke pengguna lainnya.

7. Google Meet

Aplikasi Google Meet juga dikenal sebagai Google G Suite For Education. Google meet membantu para siswa/siswi bisa belajar dirumah meski sekolah diliburkan terkait
pencegahan COVID-19 atau Virus Corona.

Google Meet dapat diakses melalui website, Android maupun iOS. Google meet ini tidak hanya bisa melihat dokumen belajar tetapi juga presentasi hingga merekan.

8. Rumah Belajar

Aplikasi Rumah Belajar merupakan aplikasi belajar daring yang di-kembangkan oleh Kemendikbud dengan tujuan untuk menyediakan alternatif sumber belajar dengan pemanfaatan teknologi.

Rumah Belajar memiliki berbagai fitur seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Digital, Bank Soal, Buku Sekolah Elektronik, Peta Budaya, Karya Bahasa dan Sastra, serta fitur lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa secara gratis.

9. Genius Indonesia

Aplikasi Genius Indonesia merupakan aplikasi bimbingan belajar yang berisi: Rangkuman materi lengkap, soal kuis, soal latihan, dan berjenjang.

Lengkap dengan video-video pembelajaran menarik yang dikembangkan menggunakan teknologi 4.0 sehingga membantu siswa dalam memahami
dan menguasai suatu materi.

10. Kelas Pintar

Aplikasi Kelas Pintar adalah sebuah aplikasi belajar online dengan metode pintar, personal, dan terintegrasi yang didesain untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran guna mendapatkan nilai akademis yang lebih baik.

Created By: Ega Dwi Lestari & Annisa Ramadhani

REFERENSI:
[1]. https://katadata.co.id/marthathertina/berita/5e9a4214242f1/7-
aplikasi-belajar-online-gratis-untuk-siswa-dan-guru

[2]. https://jalantikus.com/tips/aplikasi-belajar-online-android/
[3]. https://id.wikipedia.org/wiki/Zenius_Education
[4]. https://id.wikipedia.org/wiki/Brainly
[5]. https://inet.detik.com/cyberlife/d-4942038/google-meet-bantu-
siswa-belajar-daring-saat-diliburkan-untuk-cegah-virus-corona

[6]. https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.kemdikbud.belaj
ar.apprumahbelajar&hl=in

Sumber Gambar