PENDAHULUAN

Selama pandemi ini, banyak perusahaan maupun start-up yang mengadakan kegiatan pembelajaran selama #workfromhome berlangsung. Mulai dari situs-situs yang mengadakan online course maupun kompetisi yang menyediakan hadiah sebesar ribuan dollar. Kali ini, penulis akan menjelaskan beberapa situs yang bermanfaat bagi anda yang menyukai bidang data science. Apa saja situs tersebut? Berikut dibawah ini.

1. Kaggle.com

Kaggle merupakan sebuah komunitas online dibidang data science dan machine learning. Kaggle memulai karirnya pada tahun 2010 dimana menawarkan kompetisi machine learning dan saat ini menawarkan platform data public dan pendidikan Artificial Intelligence.

2. Zindi.africa

Zindi adalah platform kompetisi sains data pertama di Afrika. Zindi menjadi tuan rumah seluruh ekosistem sains data para ilmuwan, insinyur, akademisi, perusahaan, LSM, pemerintah, dan lembaga yang berfokus pada penyelesaian masalah paling mendesak di Afrika.

Zindi bekerja dengan perusahaan, organisasi nirlaba, dan lembaga pemerintah untuk mengembangkan, membuat, dan menyiapkan tantangan berbasis data.

3. Machinehack

MachineHack adalah sebuah platform di mana para ilmuwan data saat ini dan masa depan dan penggemar machine learning bersaing pada berbagai masalah dunia nyata. Idenya adalah untuk menyediakan platform yang dapat bertindak sebagai batu loncatan bagi pengembang untuk menguji, mengasah, dan menunjukkan keterampilan mereka.

4. CrowdANALYTIX

Crowdanalytix merupakan sebuah platform yang menyediakan solusi terkait pengembangan Data Science dan Artificial Intelligent. Memiliki kantor cabang di Dallas, Sunnyvale, Tokyo, dan Bangalore, platform ini memiliki jaringan 20.000 data scientist. Crowdanalytix dapat menjadi salah satu platform untuk mengikuti kontes data science.

5. Topcoder

Topcoder merupakan komunitas yang menghubungkan orang-orang yang tertarik untuk menyelesaikan tantangan dan kontes seputar desain grafis, pengembangan aplikasi maupun pengolahan data dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan bagi kompetisi. Setiap tantangan yang dimenangkan di Topcoder akan dihadiahkan uang yang disediakan oleh pemberi tantangan.

6. Analytics Vidhya

Analytic Vidhya adalah platform yang menyediakan kursus, program pelatihan skill siap pakai didunia industri bagi pegiat analisis bisnis dan data. Analiytic vidhya juga menyediakan berbagai macam kontes data science yang terus update dan sesuai dengan perkembangan dan trend data yang sedang berlangsung saat ini.

Created By: Zurriyata Fatni dan Susanti

REFERENSI:

[1]. https://www.kaggle.com/ diakses 15 Juni 2020.
[2]. https://zindi.africa/ diakses 15 Juni 2020.
[3]. https://www.machinehack.com/ diakses 15 Juni 2020
[4]. https://www.crowdanalytix.com/ diakses 15 Juni 2020
[5]. https://www.topcoder.com/ diakses 15 Juni 2020
[6]. https://www.analyticsvidhya.com/ diakses 15 Juni 2020.

Sumber Gambar