PENDAHULUAN

Assalamualaikum teman-teman semua, Apa Kabarnya hari ini? Sudah masuk 52 hari semenjak imbauan dari pemerintah mengenai #dirumahaja diterapkan di Indonesia sejak tanggal 16 Maret 2020.

#DiRumahAja mengharuskan kita untuk selalu stay at home dan melakukan semuanya dari Rumah. Namun jangan sampai #DiRumahAja membuat kita jadi tidak produktif yaa, waktu senggang yang ada harus dimanfaatkan dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan lebih baik lagi jika bisa menambah wawasan serta pengetahuan kita, khususnya untuk para pelajar dan mahasiswa/i nih.

Untuk anda yang gabut dan gak tau mau ngapain, bisa banget ikutin beberapa kursus online untuk mengasah kemampuan dan menambah wawasan anda, dan yang pasti bisa anda ikuti dengan tidak mengeluarkan biaya pendaftaran sepeserpun alias GRATIS. Apa saja Online Courses yang dapat anda ikuti? Kuyy disimak penjelasan dibawah ini!

1. IndonesiaX

Online course yang pertama adalah IndonesiaX. IndonesiaX adalah platform berbasis online yang menyediakan kursus online dari berbagai bidang, seperti bidang hukum, komunikasi, bisnis dan manajemen, Computer Science, Kesehatan, Ekonomi, dan lain-lain. Platform IndonesiaX dapat diakses oleh siapapun secara gratis alias tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun, menarik bukan? Selain itu instruktur yang mengajar merupakan tutor yang handal dan ahli dibidangnya masing-masing, bahkan banyak yang berasal dari universitas-universitas yang memiliki peringkat tertinggi di Indonesia dan perusahaan-perusahaan terbaik.

Sebut saja kursus yang dimentori oleh Uti Rahardjo yang merupakan Founder/CEO sebuah branding consultancy yaitu Creative Center Indonesia yang akan memaparkan mengenai Cara Berpikir Kreatif atau Kursus ‘Keamanan Informasi: Melindungi Informasi Anda di Era Digital’ yang dibawakan oleh seorang Dosen dari Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (STEI ITB) yaitu Bapak Ir. Budi Rahardjo, M.Sc., Ph.D., dan masih banyak kursus-kursus lainnya yang dapat anda ikuti secara GRATIS.

Untuk mengikuti kursus di IndonesiaX anda hanya perlu melakukan registrasi dengan menggunakan akun gmail, facebook, atau LinkedIn. Kemudian setelah melakukan registrasi anda dapat megikuti kursus apapun yang tersedia di IndonesiaX. Metode pengajaran yang digunakan di IndonesiaX melalui video yang juga dapat di unduh, selain itu IndonesiaX menyediakan transkip yang memaparkan apa yang dikatakan oleh tutor, sehingga tidak ada alasan bagi anda untuk tidak mengerti dengan apa yang dikatakan oleh tutor. Jangan khawatir, selain anda bisa mengunduh video pembelajarannya, anda juga diperkenankan untuk mengunduh transkipnya kok.

Nah, Jika ada pertanyaan mengenai materi pada kursus anda bisa mengajukan pertanyaan melalui Fitur diskusi yang telah disediakan, selain itu anda bisa mendapatkan sertifikat jika anda lulus dengan nilai minimal 50%, namun untuk mengunduh sertifikat anda perlu mengeluarkan biaya yang sudah ditetapkan oleh pihak IndonesiaX.

2. Akademi Antikorupsi

Akademi Antikorupsi merupakan platform dalam bidang pendidikan yang dapat diikuti secara online maupun offline bagi masyarakat luas yang berkeinginan untuk mempelajari mengenai korupsi dan cara-cara pemberantasannya. Akademi Antikorupsi merupakan program pendidikan yang diselenggarakan oleh Indonesia Corruption Watch (ICW).

Terdapat beberapa kursus yang dapat anda ikuti diantaranya ialah Pengantar Antikorupsi untuk Umum, Pengantar Antikorupsi untuk Pelajar, Pengantar Antikorupsi Program Khusus, Monitoring Dana Politik, Pengawasan Anggaran Desa, Pengawasan Anggaran Publik, Sosiologi Korupsi, dan lain sebagainya. Tim Pengajar pada kelas-kelas Akademi Antikorupsi merupakan pakar dan ahli dibidangnya masing-masing.

Seperti pada kelas Pengawasan Anggaran Publik yang memiliki beberapa pengajar dan pengajar tamu handal yaitu Firdaus Ilyas yang merupakan peneliti senior ICW, Egi Primayogha seorang anggota Divisi Korupsi Politik di ICW, Adnan Topan Husodo yang mengawali kiprahnya sebagai volunteer di ICW dan saat ini diamanahkan sebagai coordinator ICW, serta Faisal Basri yang merupakan seorang akademisi di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan pengamat ekonomi.

Untuk mengikuti kelas di Akademi Antikorupsi anda hanya perlu melakukan registrasi dan mengisi data yang diminta oleh pihak Akademi Antikorupsi, setelah itu anda bisa mengikuti kelas online secara gratis, disetiap kelas akan diberikan beberapa modul yang harus anda selesaikan, modul yang disediakan berupa video interaktif, anda harus menyelesaikan modul yang pertama untuk melanjutkan atau melihat modul pada materi selanjutnya.  Disetiap modul terdapat kuis dan tugas yang harus anda kerjakan. Selain itu, jika anda sudah menyelesaikan rangkaian pembelajaran pada kelas yang anda ikuti, anda berhak untuk mendapatkan sertifikat. Sangat menarik

3. Coursera

Kalau anda ingin belajar sambal mengasah kemampuan Bahasa inggris yang anda miliki, Coursera merupakan platform yang cocok untuk diikuti nih, namun tidak semua kelas yang tersedia di courser gratis atau tidak berbayar. Tapi jangan khawatir terdapat ratusan kursus online gratis yang dapat anda akses, dimana pada setiap kursusnya anda mendapatkan hak akses untuk melihat pemaparan tutor melalui on-demand video, mengerjakan latihan atau kuis, serta ikut serta dalam forum diskusi pada kelas tersebut.

Untuk mengakses dan mengikuti kursus di Coursera anda hanya perlu melakukan registrasi, kemudian anda bebas memilih kelas yang ingin anda akses. Pada setiap kelas terdapat rating dan review yang diberikan oleh pengguna atau siswa yang telah menyelesaikan kelas tersebut, selain itu anda juga dapat melihat berpa ajumlah pelajar atau siswa yang telah mengikuti kelas tersebut. Jadi sebelum anda menentukan kelas mana yang akan anda ikuti, anda bisa melihat review dan rating kelasnya terlebih dahulu. Instruktur atau tutor di coursera merupakan pakar dan ahli dibidangnya masing-masing dan berasal dari berbagai belahan dunia.

Sebut saja kursus pada kelas Data Processing Using Python yang dimentori oleh Zhang Li seorang pakar dan ahli Data Mining yang merupakan seorang Professor pada Department of Fundamental Teaching in Department of Computer Science & Technology, Nanjing University.

4. Dicoding Academy

Dicoding merupakan salah satu perusahaan start up dari Indonesia yang menyediakan pengembangan ekosistem developer di Indonesia. Dicoding berdiri pada 5 Januari 2015 yang berpusat dikota Bandung. Anda dapat mengunjungi situs dicoding.com untuk mengakses pembelajaran elektronik. Terdapat beberapa kelas dengan jalur atau path yang sangat popular saat ini, seperti Android, Machine Learning, Web Developer, dan lain-lain. Bukan hanya pembelajaran saja, Dicoding Academy juga menyediakan challenge, event, dan job platform. Untuk mendapatkan kelas gratis, anda hanya mendapatkan kesempatan belajar selama 15 hari. Jika selesai mengerjakan kelas sebelum deadline, maka anda akan mendapatkan sertifikasi penyelesaian kelas tersebut dengan masa berlaku sertifikat 3 tahun.

5. Hardvard Online Course

Ini merupakan salah satu situs penyedia online course gratis yang dikembangkan oleh salah satu universitas terbaik didunia, yaitu Hardvard University. Anda bisa merasakan sensasi belajar online sekelas universitas terbaik di dunia dengan berbagai macam topik yang di tawarkan, mulai dari ilmu sosial, sains maupun teknologi. Anda dapat mengunjungi situsnya di https://online-learning.harvard.edu/

6. edX

edX merupakan sebuah situs atau platform Pendidikan dan pembelajaran online. edX didirikan oleh kolaborasi universitas terbaik di dunia, yaitu Hardvard dan MIT. Lebih dari 20 juta pelajar yang tergabung, mayoritas anggota berasal dari universitas peringkat teratas di dunia dan perusahaan industri terkemuka. edX memberikan topik-topik dari berbagai ruang lingkup bidang. Anda dapat mengakses situsnya di www.edx.org

Tentunya masih banyak kelas yang harus dan perlu anda ikuti untuk menambah wawasan anda! Jangan malas untuk belajar dan mencari ilmu. Karena ilmu pengetahuan selalu dan akan terus berkembang.

Semoga bermanfaat!

REFERENSI

Original Create by: Siti Syahidatul Helma & Zurriyata Fatni

Sumber Gambar