PENDAHULUAN

Jika sebelum masa pandemi mempelajari skill baru bisa dilakukan di tempat kursus bersama teman-teman, saat ini kita harus berpuas diri dengan melakukannya di rumah. Tapi tidak menutup kemungkinan kita untuk terus belajar khususnya dibidang bahasa Inggris, yang sangat perlu kita pelajari dimasa sekarang karena Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan dalam berbagai bidang. Mulai dari ekonomi, politik, bisnis, hingga teknologi.

Inilah mengapa kemampuan Bahasa Inggris menjadi salah satu syarat utama untuk bersaing di era globalisasi. Bahasa tidak hanya berperan sebagai alat komunikasi, tetapi juga dapat memudahkan Anda untuk beradaptasi dengan lingkungan dan pekerjaan.

Oleh sebab itu, penting bagi anda untuk mempelajari bahasa Inggris.

Pada artikel kali ini memaparkan bahwa barang yang sering digunakan dapat menjadi alat untuk tetap belajar dan memperoleh ilmu selama masa pandemi. Begitu pun dengan belajar bahasa Inggris pada saat pademi saat ini. Mengatasi keterbatasan yang ada dengan menggunakan secara penuh tools yang telah dimiliki oleh masing-masing orang seperti Android yang berisi aplikasi-aplikasi yang mendukung dalam belajar.

Berikut ada beberapa rekomendasi aplikasi untuk belajar bahasa inggris yang dapat di install di aplikasi android anda.

1. Bahaso: Belajar Bahasa Asing

Aplikasi belajar bahasa Inggris yang pertama yang bisa digunakan adalah Bahaso. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan kita dalam belajar bahasa Inggris melalui aplikasi.

Dalam pembuatannya, Bahaso telah bekerja sama dengan perguruan tinggi ternama di Indonesia yaitu Universitas Indonesia (UI). Dengan menggunakan aplikasi ini, kita akan
disuguhkan dengan berbagai fitur untuk belajar bahasa Inggris yang interaktif.

Materi yang tersedia pada aplikasi ini terdiri dari level untuk pemula (A1), level dasar (A2), level menengah (B1), hingga level lanjutan (B2), yang mencakup vocabulary (pengenalan kosakata), reading (membaca), listening (mendengarkan), dan speaking (berbicara).

2. Duolingo: Belajar Inggris

Pilihan aplikasi belajar bahasa Inggris yang selanjutnya yaitu Duolingo. Dengan enggunakan aplikasi ini, kita akan ditawarkan berbagai fitur pembelajaran bahasa Inggris yang menarik untuk meningkatkan skill menulis, membaca, mendengarkan, hingga berbicara dalam bahasa Inggris.

Tersedia pula beberapa pilihan bahasa lainnya untuk kamu yang ingin memperluas skill-mu dalam berbahasa asing, seperti Jerman, Perancis, Jepang, dan lain-lain.

3. Mango Languages

Aplikasi ini mengizinkan kamu belajar bahasa Inggris melalui penggunaan kosakata sehari-hari. Tidak hanya belajar grammar, kamu juga akan belajar bahasa Inggris melalui percakapan (speaking) dan mendengar (listening).

Tidak perlu khawatir kehabisan bahan belajar, pasalnya pihak Mango Languages rutin menambahkan materi baru. Selain itu, Mango Languages punya sistem review yang optimal untuk kebutuhan belajar.

Aplikasi Mango Languages juga bisa membantu kamu mempelajari lebih dari 70 bahasa lainnya, termasuk Indonesia. Ya, siapa tahu kamu mau meningkatkan kemampuan kamu belajar bahasa Indonesia.

4. Mondly Languages

Salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris yang direkomendasikan. Pasalnya, Mondly Languages dibekali dengan banyak fitur menarik. Mondly Languages dikatakan dibekali cara belajar bahasa Inggris dengan mengombinasikan neural science dan teknologi terbaru supaya kamu bisa mempelajari bahasa Inggris lebih cepat.

Menariknya lagi, aplikasi Mondly Languages ini tersedia dalam bahasa Indonesia. Jadi, kamu yang masih pemula, bisa mempelajari bahasa Inggris dengan lebih mudah karena menggunakan bahasa Ibu.

Ada juga kemampuan VR, di mana kamu bisa menggunakan perangkat VR untuk belajar bahasa Inggris. Dengan menggunakan perangkat VR, kamu bakal seperti berbicara langsung dengan karakter tertentu.

5. Hafalan Bahasa Inggris

Kita semua pastinya ingin pandai berbicara bahasa inggris. tidak hanya untuk mendapatkan nilai yang baik di bangku pendidikan tetapi yang paling penting adalah untuk menggunakannya dalam berbicara.

Aplikasi bahasa inggris ini dapat memudahkan kamu menguasai bahasa inggris dengan mudah dan menyenangkan. kamu dapat menggunakan aplikasi bahasa inggris ini dirumah aja.

engan aplikasi bahasa inggris ini kamu akan dapat berbicara dalam bahasa inggris dengan cepat tanpa harus menguasai tenses dan grammar yang selama ini menjadi hal tersulit dalam belajar bahasa inggris.

Dalam aplikasi ini telah tersusun rapi hafalan-hafalan yang akan kamu kuasai dalam waktu singkat. semoga dengan aplikasi ini kamu akan mahir dan fasih berbicara bahasa inggris.

Kelebihan aplikasi bahasa inggris ini adalah:
• Gratis
Offline
• Kosakata pilihan
• Frasa
• Idiom
• Percakapan sederhana
• 16 tenses
• Latihan interaktif
• belajar dirumah aja

Bagi kamu yang dirumah aja ayo segera download semoga bermanfaat.

Created By: Irina & Sania Fitri Octavia

REFERENSI:
[1]. https://visitpare.com/pojok-bahasa/ini-dia-alasan-kenapa-belajar-bahasa-inggris-itu-penting/ diakses 20 Agustus 2020
[2]. https://review.bukalapak.com/techno/aplikasi-belajar-bahasa-inggris-di-
smartphone-agar-semakin-fasih-dan-lancar-4605
diakses 20 Agustus 2020
[3]. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.noftastudio.nofriandi.bahasainggrishafalan&hl=en_US diakses 20 Agustus 2020